BISNIS
INFORMATIKA
Di Susun Oleh :
TRI MULYANINGSIH
56409146
UNIVERSITAS GUNADARMA
Di Susun Oleh :
TRI MULYANINGSIH
56409146
UNIVERSITAS GUNADARMA
2012
KATA PENGANTAR
Puji
syukur saya ucapkan atas kehadirat Allah SWT, karena dengan rahmat dan
karunia-Nya saya masih diberi kesempatan untuk menyelesaikan makalah ini.
Dalam penyusunan makalah ini
disadari bahwa masih banyak kekurangan dalam cara penyajian maupun materinya,
untuk itu dengan segala kerendahan hati setiap kritik dan saran yang bersifat
membangun akan diterima demi penyempurnaan
makalah ini. Demikian makalah ini penulis buat sebaik baiknya
dengan harapan bermanfaat bagi kita semua.
BAB I
Latar
Belakang
Perkembangan
teknologi informasi dalam
dunia bisnis semakin hari semakin pesat dan sangat
membantu memberikan kemudahan bagi kehidupan manusia dalam melakukan bisnis. Bisnis dan
teknologi informasi merupakan kedua hubungan yang sangat erat dalam penerapannya,
adapun peranan teknologi informasi dalam bisnis adalah membuat suatu kumpulan
data murni (mentah) untuk kemudian diproses
menjadi suatu informasi yang pada akhirnya bisa digunakan untuk proses pengambilan keputusan oleh
pihak perusahaan yang memiliki bisnis tersebut. Karena peranan teknologi informasi
yang penting tersebut, banyak perusahaan
yang menerapkan suatu teknologi informasi menjadi sesuatu hal yang diwajibkan untuk mendukung kegiatan
yang dilakukan dalam perusahaan tersebut. Dengan semakin berkembangnya sistem
jaringan internet di kalangan
masyarakat awam, maka teknologi berbasis internet pun dapat menjadi salah satu cara yang ampuh untuk
menjadi tempat penjualan
dan memudahkan transaksi dilakukan tanpa dibatasi oleh jarak
dan waktu.
Ruang
Lingkup
Pada
pembuatan makalah ini penulis membatasi ruang lingkup permasalahan mengenai pengertian
bisnis, pengertian bisnis informatika, perkembangan bisnis informatika, peranan
teknologi informatikadi bidang bisnis dan contoh bisnis informatika.
Tujuan
Penulisan
Tujuan
penulisan ini adalah memberikan informasi mengenai bisnis informatika dengan
perkembangan dan contohnya.
Bab
II
Pembahasan
Pengertian dan Fungsi Bisnis
Ø
Bisnis
dalam arti luas adalah istilah umum yang menggambarkan
semua aktifitas
dan institusi yang memproduksi
barang & jasa dalam kehidupan seharihari
Ø
Bisnis
sebagai suatu sistem yang memproduksi barang
dan jasa untuk memuaskan kebutuhan masyarakat
kita (bussiness is then simply a system that produces goods and service
to satisfy the needs of
our society)
Ø
Bisnis
merupakan suatu organisasi yang menyediakan
barang atau jasa yang bertujuan untuk mendapatkan
keuntungan
Dari pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa
Bisnis adalah kegiatan yang dilakukan oleh individu
dan sekelompok
orang (organisasi)
yang menciptakan nilai (create
value) melalui
penciptaan barang dan jasa (create
of good and service) untuk
memenuhi kebutuhan masyarakat
dan memperoleh keuntungan melalui transaksi
Aspek-aspek bisnis :
Ø
Kegiatan individu dan kelompok
Ø
Penciptaan nilai
Ø
Penciptaan barang dan jasa
Ø
Keuntungan melalui transaksi
Fungsi bisnis dilihat dari kepentingan mikroekonomi dan makroekonomi
Ø
Pekerja
/ Karyawan
Pekerja menginginkan gaji yang
layak dari hasil kerjanya
sementara manajer menginginkan
kinerja yang tinggi
yang ditunjukkan besarnya omzet penjualan
dan laba
Ø
Dewan
Komisaris
Memantau kegiatan dan mengawasi
manajemen, memastikan
kegiatan akan berjalan mencapai tujuan
Ø
Pemegang
Saham
Pemegang saham memiliki
kepentingan dan tanggung
jawab tertentu terhadap perusahaan
1. Fungsi Mikro Bisnis
Kontribusi terhadap pihak yang berperan langsung
Ø
Masyarakat
sekitar perusahaan
Memberikan kontribusi kepada masyarakat sekitar sebagai bentuk tanggung jawab
perusahaan
Ø
Bangsa
dan Negara
Tanggung jawab kepada bangsa dan negara yang diwujudkan dalam bentuk kewajiban membayar pajak
2. Fungsi Makro Bisnis
Kontribusi terhadap pihak yang terlibat secara tidak langsung
Elemen dan Sistem Bisnis
Ø
Modal
(capital)
Sejumlah uang yang digunakan dalam menjalankan kegiatan bisnis
Ø
Bahan-bahan
(materials)
Merupakan faktor produksi yang diperlukan dalam melaksanakan aktifitas bisnis
untuk diolah menghasilkan barang
dan jasa yang dibutuhkan masyarakat
Ø
Sumber
Daya Manusia (SDM)
Kualifikasi SDM :
Memiliki kemampuan kompetitif dan berkualitas tinggi
Ø
Ketrampilan
Manajemen (Management Skill)
Sistem manajemen yang dijalankan berdasarkan prosedur dan tata kerja manajemen
Bisnis Informatika
Bisnis informatika adalah suatu kegiatan yang dilakukan
individu atau sekelompok orang yang memiliki nilai (value) dengan tujuan
mendapatkan keuntungan (profit) yang dilakukan dengan bantuan teknologi
informasi. Yang dimaksud teknologi informasi disini mencakup semua hal yang
berkaitan dengan teknologi informasi, seperti internet. Bisnis informatika
berkembang dengan pesat akhir – akhir ini seiring dengan berkembang pesatnya
pula teknologi informasi. Karena Bisnis Informatika muncul karena adanya
peluang yang terdapat di dalam suatu teknologi informasi. Tidak dapat di
pungkiri sekarang internet sudah mengalami pergeseran kebutuhan di dalam masyarakat.
Yang dahulu Internet merupakan suatu kebutuhan pelengkap atau masih merupakan
kebutuhan yang “mewah” bagi sebagian masyarakat, sekarang menjadi suatu
kebutuhan sekunder ataupun kebutuhan primer. Karena sekarang kita dapat semakin
mudah dan murah untuk mendapatkan akses internet. Hal ini tidak lepas dari
semakin berkembangnya teknologi informasi.
Peranan Teknlogi
Informasi di bidang Bisnis
Di bidang bisnis baik perdagangan barang maupun jasa komputer
peranan teknologi informasi akan sangat penting untuk kegiatan transaksi baik
rutin, periodik, maupun insidental dan menyediakan banyak informasi dengan
cepat dan tepat. Sistem Informasi ManajemenSistem informasi manajemen
(Management Information System – MIS), merupakan sistem informasi yang sudah
banyak diterapkan pada perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan barang
dan jasa baik pada perusahaan besar, menengah, atau perusahaan kecil. SIM dapat
diterapkan pada semua tingkat atau level manajemen yang ada yaitu manajemen
tingkat atas (top management), manajemen tingkat menengah (middle management),
dan manajemen tingkat bawah (lower management).
Di perusahaan dagang seperti department store, telah
dipergunakan mesin cash register (mesin kasir) yang dilengkapi dengan kendali
komputer sehingga mesin tersebut dapat dikendalikan oleh pihak manajer hanya
dari ruang kerjanya secara cepat dan tepat, untuk scanning barcode kode barang
dagangan, menghitung laba rugi, inventaris, dan sebagainya. Di bidang
perbankan, salah satu solusi sistem informasi perbankan telah diperkenalkan
oleh perusahaan besar seperti Hewlett-Packard (HP), yang bekerja sama dengan
Infosys telah memperkenalkan solusi core banking, yang disebut Finacle kepada
bank-bank di Indonesia. Finacle memberikan solusi bagi bank yang ingin
melakukan up-grade terhadap sistem yang telah mereka miliki. Dengan menggunakan
Finacle, up-grade sistem bisa dilaksanakan dengan resiko investasi maupun
kegagalan migrasi yang rendah. Ini penting bagi bank-bank agar mampu menghadapi
siklus bisnis yang selalu berubah. Dengan solusi terpadu ini – berupa software
dan hardware, jaringan, sistem integrasi, serta opsi consulting dan outsourcing
– bank juga akan memiliki nilai tambah sehingga menjadi lebih kompetitif.
Perkembangan teknologi informasi
telah mempengaruhi kebijakan dan strategi dunia usaha perbankan yang
selanjutnya lebih mendorong inovasi dan persaingan di bidang layanan terutama
jasa layanan pembayaran melalui bank. Inovasi jasa layanan perbankan yang
berbasis teknologi tersebut terus berkembang mengikuti pola kebutuhan nasabah
bank. Transaksi perbankan berbasis elektronik, termasuk internet dan
menggunakan handphone merupakan bentuk perkembangan penyedia jasa layanan bank
yang memberikan peluang usaha baru bagi bank yang kerakibat pada perubahan
strategi usaha perbankan, dari yang berbasis manusia (tradisional) menjadi
berbasis teknologi informasi yang lebih efisien dan praktis bagi bank. Pada
perusahaan jasa seperti perbankan komputer digunakan untuk menghitung bunga
secara otomatis, transaksi on-line, ATM, dan sebagianya. Komputer juga banyak
digunakan untuk proses akuntansi, melakukan analisis keuangan, neraca,
laba-rugi, dan sebagainya. Bahkan ada beberapa software yang secara khusus
disediakan untuk operasi akuntansi. Di bidang perhotelan komputer digunakan
untuk menentukan jumlah dan jenis kamar yang telah terisi dan masih kosong.
Bahkan saat ini pada penjualan pertokoan kecil, usaha kecil dan menengah (UKM),
apotek dan bermacam-macam usaha kecil lainnya juga telah banyak menggunakan
komputer.
Contoh Bisnis Informatika
Bisnis
Online
Belakangan
ini bisnis jual-beli online makin banyak dikarenakan faktor faktor pendukung
seperti situs-situs jejaring sosial seperti facebook jadi kita bisa menggunakan
facebook untuk mengupload foto barang dagangan kita,forum-forum seperti kaskus
di forum jual-beli.
Ada beberapa
cara untuk sukses dalam bisnis online.
1. Rancang
Bisnis dengan Cermat
Rancang
rencana bisnis online Anda dengan cermat. Pikirkan segala aspek seperti target
pasar, kemampuan pesaing, sumber daya, resiko dan perkembangan bisnis yang
ingin ada jalankan bagaimana membangun loyalitas konsumen atau menjalin
kemitraan strategis. Pakai referensi memadai, misalnya belajar dari situs
bisnis di internet atau pun buku yang mendukung.
2. Temukan
Sasaran Pasar Spesifik
Bisa jadi
ide bisnis online Anda menarik, namun tak ada artinya jika tidak ada sasaran
pasar yang spesifik. Temukan pasar yang belum ada pesaing. Jika Anda bertarung
dengan pemain besar, pastikan bisnis Anda memiliki diferensiasi yang menarik
konsumen.
3. Cari
Sumber Keuangan
Pikirkan
dari mana Anda akan mendapat modal sebagai sumber dana bisnis jual-beli online.
Pinjaman bank bisa jadi pilihan yang baik. Jangan lupa untuk membuat
administrasi keuangan yang rapi sehingga arus keluar masuk keuangan tampak
jelas.
4. Buat
Situs yang Handal
Anda memang
bisa memanfaatkan blog yang gratis untuk memulai bisnis. Namun jika berniat
serius, belilah domain dan sewa perancang situs yang handal. Pastikan situs
Anda tidak rumit, memudahkan pengakses serta selalu update.
5. Promosi
Jitu
Yang tidak kalah
penting dalam bisnis online adalah promosi yang jitu. Bisa dicoba bermacam
metode, misalnya via Google AdWords di mana pengiklan hanya membayar sesuai
jumlah pengakses situsnya. Manfaatkan pula e-mail atau situs jejaring untuk
mempromosikan bisnis Anda pada banyak orang.
6. Permudah
Transaksi Konsumen
Dalam
melakukan transaksi konsumen harus dimudahkan untuk melakukan transaksi dan
pemesanan di situs Anda. Berikan pula tingkat keamanan situs yang memadai
sehingga konsumen percaya detail identitas mereka tidak bocor.
7. Motivasi
untuk Terus Maju
Selalu butuh
waktu agar bisnis internet berkembang. Sebagai entrepeneur online, Anda perlu
energi, antusiasme, determinasi, dan gairah untuk maju. Perlu disadari bahwa
sukses besar di bisnis internet cukup langka. Namun tak perlu pula kecil hati
karena cerita kesuksesan bisnis online sudah amat banyak
E-COOMERCE
E-Commerce adalah bagian dari
e-business karena adanya penggunaan teknologi informasi berupa internet dan
jaringan komputer lainnya untuk menjalankan proses bisnis utama beruapa
pembelian dan penjualan yang digunakan sebagai transaksi bisnis antara perusahaan
yang satu dengan perusahaan yang lain, antara perusahaan dengan pelanggan
(customer), atau antara perusahaan dengan institusi yang bergerak dalam
pelayanan-pelayanan public dalam rangka memangkas biaya operasional untuk
meningkatkan mutu layanan maupun kecepatan penyampaian informasi
Contoh E-commerce
Belanja Online
Membeli dan menjual barang di Internet adalah salah
satu contoh paling populer dari e-commerce. Penjual membuat etalase produk di
internet layaknya outlet ritel. Pembeli dapat mencari dan membeli produk dengan
klik mouse. Contoh populer untuk tempat belanja secara online adalah
Amazon.com.
Pembayaran Elektronik
Pembayaran Elektronik
Ketika kita membeli barang secara online, perlu ada mekanisme untuk membayar online juga, yang mana melakukan pembayaran cukup dengan mengetikkan sederetan angka dan kode serta klik mouse yang dilakukan pada komputer yang online
Pembayaran elektronik adalah cara yang efisien dikarenakan tidak lagi memerlukan proses menulis dan mengirimkan cek atau tagihan. Pembayaran secara online juga menutupi celah keamanan yang timbul pada sitem pembayaran yang dilakukan dalam mata uang kertas.
Lelang online
Situs lelang online terkenal adalah eBay. Lelang fisik
telah lama populer mendahului lelang online, tetapi Internet membuat lelang
bisa diakses oleh sejumlah besar pembeli dan penjual. Pelelangan online
merupakan mekanisme yang efisien untuk penemuan harga. Banyak pembeli online
lebih tertarik dengan mekanisme lelang daripada belanja di toko biasa.
Internet Banking
Sekarang ini sangat memungkinkan bagi kita untuk melakukan keseluruhan transaksi perbankan tanpa harus beranjak dari kursi rumah kita mengunjungi cabang bank terdekat. Keterhubungan antara website dengan rekening bank, dan dengan kartu kredit merupakan pokok utama dalam e-commerce.
Tiket online
Tiket pesawat terbang, tiket film, tiket kereta api,
tiket pertunjukan musik, tiket pertandingan olahraga, tiket konser musik, dan
hampir semua jenis tiket dapat dipesan secara online. Membeli tiket secara
online menjadikan kita tidak harus capek mengantri di depan loket penjualan
tiket.
E-Bisnis
Secara garis besar E-bisnis adalah
penggunaan teknologi informasi dan komunikasi oleh organisasi, individu, atau
pihak-pihak terkait untuk menjalankan dan mengelola proses bisnis utama
sehingga dapat memberikan keuntungan—dapat berupa berupa keamanan,
fleksibilitas, integrasi, optimasi, efisiensi, atau/dan peningkatan
produktivitas dan profit.
Contoh
E-Bisnis
situs resmi Android Market yaitu
https://market.android.com yaitu suatu situs website milik salah suatu
perusahaan internet terbesar didunia yakni Google
- Jasa
Warnet
Bisnis
warnet juga termasuk dalam bisnis informatika karena secara tidak langsung
bisnis ini dilakukan dengan bantuan media teknologi informasi. Perkembangan
bisnis warnet sangan pesat sekali seiring dengan perkembagan internet, kita
ambil contoh saja yaitu perkembangan jejaring sosial seperti facebook, twiter , game online , dll. Semua itu akan
menarik seseorang untuk datang ke tempat warnet, tentu usaha warnet merupakan
peluang bisnis yang menjanjikan.
2. 2. Penyedia Jasa Berita dan infotainment online
Bisnis ini
merupakan bisnin yang menyediakan jasa berita secara online. Dengan bantuan ini
kita akan mendapat kan berita yang kita inginkan secara cepat dan tentunya up
to date. Penyedia jasa ini seperti goal.com , detik.com , kapanlagi.com, dll.
Salah
satu inspirasi bisnis informatika mahasiswa ITB :
Teknologi
bisa menjadi hal yang sangat menyenangkan dan sangat menguntungkan bagi Achmad
Zaky. Pria berusia 24 tahun ini memutuskan untuk menggeluti bisnis di bidang
teknologi informasi (TI). Zaky mengaku mempunyai hobi dengan apapun yang
berhubungan dengan TI sejak masih kuliah di Institut Teknologi Bandung (ITB).
Dengan modal awal sekira Rp20 juta, lalu Zaky mendirikan sebuah perusahaan software developer SMS di Bandung pada 2006, yakni Deft Technology. Sebagai seorang wirausaha pemula, omzet yang didapatkannya bisa dibilang cukup besar, yakni sekira Rp15 juta untuk satu produk perangkat lunak. Pada saat itu, biasanya Zaky menangani 6 proyek dalam satu tahun. Setelah lulus kuliah pada 2008, Zaky memutuskan untuk meneruskan bisnisnya di Jakarta. Pasalnya, kata dia, potensi pasar di Jakarta jauh lebih besar daripada Bandung.
Sesampainya di Jakarta, perjalanan yang dilalui Zaky tidak semulus seperti apa yang diharapkan. Bahkan, Zaky sempat ditolak beberapa klien ketika menawarkan proposal bisnis. Namun, Zaky tidak langsung putus asa. Lambat laun, bisnisnya terus berkembang. Pada saat ini, perusahaan yang dijalankan Zaky berganti nama menjadi Suitmedia. Zaky lantas mengajak dua temannya, Nugroho dan Fajrin, untuk ikut bergabung. "Mereka adalah teman baik saya dan mahasiswa terbaik pula di angkatan saya waktu itu, jadi saya ajak bergabung” jelas Zaky ketika ditemui di kantornya di bilangan Mampang Prapatan, Jakarta.
PT Kreasi Online Indonesia (Suitmedia) adalah perusahaan yang memberikan berbagai jasa solusi new media seperti membuat perangkat lunak berbasis internet dan mengembangkan aplikasi Android dan BlackBerry untuk beberapa koran nasional. Selain solusi teknis, Suitmedia juga membantu perusahaan untuk menganalisis dan mengembangkan strategi.
"Akhirnya setahun lalu kita baru bikin Suitmedia dan ada badan hukumnya. Sebelumnya kan hanya CV. Saya memiliki rekan kerja yang sangat kompeten. Di sisi lain, saya tidak mau hanya kerja saja, tapi juga terpanggil untuk creating jobs dan memberikan manfaat terhadap orang lain lewat produk kami," kata Zaky. Menurutnya, Suitmedia telah dipercaya menangani proyek dari perusahaan-perusahaan besar, sebut saja Samsung, Telkomsel, dan PT Recapital Advisors. Maka, tak pelak, omzet yang didapat Zaky pun terus bertambah. Hingga akhir tahun 2010 saja, Suitmedia mampu meraup omzet sekitar Rp800 juta, dengan modal kerja sebesar Rp40 juta per bulan. Zaky pun optimistis akan mendapatkan omzet hingga Rp1 miliar pada 2011.
“Sebenarnya ada enam proyek baru, tapi tiga di antaranya dikerjakan pada 2010. Adapun tiga proyek lain dikerjakan pada 2011, ” tutur Zaky.
Suitmedia merupakan induk usaha dari beberapa anak usaha seperti Bukalapak.com. Pada saat ini, jumlah pengunjung Bukalapak.com sudah mencapai 11 ribu orang dengan page view sebanyak 200 ribu. Padahal, website yang berbasis jual beli online ini baru resmi beroperasi pada April 2010. "Kami sadar manfaat Bukalapak.com ini banyak, tapi ada komunitas khusus yang bakal merasakan manfaat lapak ini. Nah, kami excited dengan hal ini, ” papar Zaky.
Untuk memperkuat fondasi bisnisnya, Zaky melakukan dua pendekatan, yakni secara eksternal atau dengan klien dan internal atau dengan sumber daya manusia (SDM) di dalam perusahaan. “Yang penting adalah bagaimana kita memberi nilai tambah yang lebih besar. Misalnya, kami janji memberikan lima, tapi pada hasil akhirnya memberikan tujuh, jadi klien juga senang. Untuk mendapatkan klien baru, biasanya kita terus menjalin komunikasi, mulai dari obrolan secara nonformal. Di situ kita jadi tahu kebutuhan mereka. Networking penting sekali,” ujar Zaky.
Selain itu, SDM juga merupakan salah satu poin yang menjadi prioritas Zaky. Pada saat ini, Suitmedia telah mempunyai karyawan 13 orang. Ke depan, Zaky akan merekrut tambahan SDM. “Kita sangat concern untuk pengembangan SDM, maka ada konsep mentor. Jadi seorang manajer harus bisa mementor lah, tidak bisa hanya perintah ini itu,” tutur Zaky. Menurut Zaky, ke depan, bisnis TI sangat berpotensi besar untuk berkembang. Maka, Zaky berencana melakukan beberapa hal guna memajukan usahanya, yakni mulai dari memperbaiki sistem keamanan di Bukalapak.com hingga membuat website jejaring sosial. “Ke depan, rencananya akan mengembangkan potensi-potensi yang kami punya. Untuk saya, bisnis adalah menciptakan nilai tambah,yakni bagaimana kita menyelesaikan masalah klien. Kita pikirkan yang terbaik untuk klien.
Bab IV
Kesimpulan
Penulisan
ini berisi mengenai bisnis di bidang informatika dengan perkembangan yang
sangat pesat. Bisnis dan teknologi informasi
merupakan kedua hubungan yang
sangat erat dalam penerapannya. Dengan
semakin berkembangnya sistem jaringan internet di kalangan masyarakat awam, maka
teknologi berbasis internet pun dapat menjadi salah satu cara yang ampuh untuk
menjadi tempat penjualan
dan memudahkan transaksi dilakukan tanpa dibatasi oleh jarak
dan waktu.
Saran
Pembuatan penulisan
bisnis informatika
hanya
sebatas memberikan informasi mengenai bisnis
informatika dengan perkembangan dan contohnya sehingga pengguna tidak
mendapatkan banyak informasi lebih jauh lagi dari informasi yang didapat merupakan salah satu kekurangan pada penulisan ini. Hal tersebut dapat
dijadikan bahan untuk pengembangan dan penyempurnaan dari penulisan ini agar lebih baik lagi.
Daftar Pustaka
Artikel non-personal, “Institue
Bisnis dan Informatika Indonesia”, http://id.wikipedia.org/wiki/Institut_Bisnis_dan_Informatika_Indonesia, 23 Mei 2012
Adam, “Pengantar
bisnis informatika”, http://ianeridanuadam.blogspot.com/2010/10/pengantar-bisnis-informatika.html,
3 Oktober 2010
Sonpie, “Pengantar bisnis informatika”,
http://jhonsonpie.blogspot.com/2011/10/pengantar-bisnis-informatika.html,
4 Oktober 2011
Fastkaya, “Peluang bisnis sukses usaha bidang ti”
Tidak ada komentar:
Posting Komentar